Jasa Appraisal/Penilaian

Appraisal atau penilaian adalah proses pekerjaan atau kegiatan seorang penilai dalam memberikan suatu estimasi atau opini atas nilai ekonomis suatu properti, baik berwujud ataupun tidak berwujud yang berdasarkan hasil analisis terhadap fakta-fakta yang objektif dan relevan dengan menggunakan metode, parameter dan prinsip-prinsip penilaian yang berlaku.

Bidang jasa appraisal/penilaian dapat dibagi lagi yaitu, Penilaian Properti dan dan Penilaian Usaha, berikut ini cakupan dan pembagian dari jasa penilaian :

  1. Penilaian Properti
  2. Penilaian Bisnis

PENILAIAN PROPERTI

  1. Penilaian tanah dan bangunan beserta kelengkapannya, serta pengembangan lainnya atas tanah (Land Development)
  2. Penilaian instalasi dan peralatan yang dirangkai dalam satu kesatuan dan/atau berdiri sendiri yang digunakan dalam proses produksi
  3. Penilaian alat transportasi, alat berat, alat komunikasi, alat kesehatan, alat laboratorium dan utilitas, peralatan dan perabotan kantor, dan peralatan militer
  4. Pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan
  5. Pertambangan

PENILAIAN BISNIS

Penilian Bisnis atau Penilaian Usaha merupakan suatu proses untuk mengestimasi nilai ekonomis dari kepemilikian Bisnis atau Usaha. Hasil Penilaian Bisnis dari Penilai Independent sangat bermanfaat untuk berbagai tujuan dalam pengambilan keputusan. Nilai yang dihasilkan akan bermanfaat bagi keputusan optimal dari suatu rencana transaksi baik bagi pemilik maupun pihak lainnya.

 

Scope Penugasan untuk Penilai Bisnis adalah:

  1. Penilaian Saham dan Instrumen Keuangan
  2. Penilaian Aktiva TakBerwujud
  3. Pendapat Kewajaran Transaksi

 

Penilian Saham/Business Interest dan Instrumen Keuangan

Peniliaian Saham/Business Interest diperlukan untuk memberikan opini nilai terhadap kepemilikan  saham atau business interest terutama dari Perusahaan dengan bisnis yang berkelanjutan (Going Concern). Sedangkan Penilaian Instrument Keuangan merupakan penilaian terhadap Instrument Keuangan seperti Mandatory Convertible Bond, Derivative Contract, Option, Swap Contract, Call, Option.

 

Penilaian Aktiva TakBerwujud

Aktiva TakBerwujud merupakan aset non moneter yang tidak terlihat dan secara fisik tidak dapat diukur namun dapat di identifikasi sebagai aset yang terpisah terhadap aset property, aset keuangan, dan aset ekuitas. Melakukan Penilaian Aktiva TakBerwujud memerlukan kemampuan dan keahlian khusus untuk mengidentifikasi eksistensi dan benefit yang diperoleh sehingga menghasilkan opini Nilai.  Aktiva TakBerwujud diantaranya:

 

  • Berkategori Marketing Based seperti Trade Mark, Internet Domain, Customer List, Production Backlog
  • Berkategori Technology Based seperti Computer Software, Registration, Patended Technology, Trade Secret
  • Berkategori Contract Based seperti Franchise Agreement, Employment Contract, Operating and Broad Casting Right
  • Berkategori Artistic Related seperti Composition, Advertising Jingle, Photograph, Video and Audiovisual material
  • Goodwill

 

Pendapat Kewajaran (Fairness Opinion)

Pendapat Kewajaran merupakan opini dari pihak yang berkompeten dan independen yang menyatakan bahwa transaksi korporasi akan dijalankan dengan wajar. Pendapat kewajaran transasi diberikan berdasarkan pemeriksaan review bahwa transaksi akan  dijalankan dengan wajar.

Pendapat kewajaran (fairness opinion) diberikan setelah Penilai Usaha melakukan analisis atas:

  • Nilai dari obyek yang ditransaksikan;
  • Dampak keuangan dari transaksi yang akan dilakukan terhadap kepentingan pemegang saham; dan
  • pertimbangan bisnis yang digunakan oleh manajemen perusahaan terkait dengan rencana transaksi yang akan dilakukan terhadap kepentingan pemegang saham